Monday, October 1, 2012

Balada Masa Kecil Gue

Imam Ar Razy | 12:07 AM | ||
     Bagi gue, masa kecil adalah segalanya. Nggak ada yang namanya punya rasa bersalah, nggak ada yang namanya sekolah, nggak ada yang namanya anak kecil nyari nafkah buat istrinya, dan nggak ada yang namanya pacaran. "This Real!" Masa kecil, adalah masa yang paling awal kita lalui, dimasa itu pasti akan ada banyak kenangan yang akan selalu membuat kita untuk mengembalikan hidup kita ke masa dimana kita masih kecil, ingusan, dan selalu ditete-in sama nyokap.

    Mungkin masa kecil kalian nggak setragis sama masa kecil gue. Dulu, gue masih inget banget ketika gue masih kecil, gue punya sahabat sehidup semati "menurut kita waktu kecil" jadi dulu gue punya temen, yang namanya: Aldy, Yuda, Praba, Iyan, Bayu, Tyas, Aris, Yogi, Koko, Saefull, dan yang terakhir Rizky. Dan cuma ada satu cewek yang sering ikut gabung bareng buat main bareng kita ya, Tyas. Jadi ceritanya waktu itu pas sorenya, kita udah janjian buat main kelereng/gundu/dir besok siang, karena waktu itu gue masih polos dan nggak mau PHP-in perasaan mereka, jadi gue bilang "iya".

   Siang itu gue udah pilihin gundhu yang menurut gue kece, dan nggak alay..... gue pilihlah gundhu putih polos, kenapa gue pilih gundhu yang warna putih?? karena warna putih itu nggak warna item hahahaha. Abis itu gue tempatin satu tas gundhu gue buat maenan ntar, terus sambil nunggu temen gue dateng, gue nyambi panasin mesin sepeda kesayangan gue(nahlo). Ternyata, ngepetnya, nggak ada temen gue yang ngampirin buat manggil gue!!? "nyeessss" ok, gue putuskan buat berangkat sendiri. . . .

   Tiba-tiba, pas dalam perjalanan menuju tempat pertandingan gundhu tingkat anak gahol, gue kecelakaan!! di jalan pertigaan kompleks gue. . . ."miris" Jadi, karena gue udah marah dan buru-buru buat dateng kesono, gue kayuh sekenceng-kecengnya tuh sepeda, pas gue belok kekanan tiba-tiba ada mbak-mbak yang juga lagi naik sepeda dari jalur berlawanan, dan akhirnya  . . . .


Gue: "Awaaaassss woyyyy!!!!!" gue sambil tarik rem.
Mbak2: "Eh.....eh...ehhhhhh!!!" teriak kegirangan ketakutan si cewek.
...........................Jeduwaaarrrrwww,,,,,,,,,,,,,!!!!!!

Tabrakan pun tidak ter-elakan . . . .

    Gue yang jatuh dengan posisi yang nggak pw banget, kepala dikaki dan kaki dikepala, gundhu gue pada lari-lari gak karuan. . . . Dan bukan si embak-mbaknya yang marahain gue, tapi malah gue dulu yang marahin dia. . .

Gue: "eh, mbak!? gimana sih? sebenernya lo bisa naek sepeda gak sih?" sewot gue sok jagoan.
Mbak2: "loh, kok jadi gue yang disalahin?? kan gue lagi naek sepeda bener-bener, terus lo tabrak kan??!" dia ngeyel sambil banguni sepeda.
Gue: "ya nggak dong, jelas-jelas lo yang salah!! salah siapa coba naek sepeda sambil maenan hp gitu...!!" gue sewot sambil nunjuk-nujuk hp.
Mbak2: "elo tuh yang salah!!! coba tangan lo nggak dua-duanya pegang gituan, pasti lo bisa nge-rem kan!!" sewot dia sambil nunjuk gundhu sama tas gue.
Gue: "tau ah  . . . " gue cabut.

   lalu gue berdiri dan cabut melanjutkan perjalanan ke barat untuk mencari kitab suci (nah loh) ke tempat maen gundhu . . . .

    Dan setelah gue pikir-pikir, emang gue yang salah . . . . Jadi waktu itu pas gue mau cabut dari rumah, gue bawa tas kecil, dan pegang gacoan gundhu gue, yang tangan kanan gue pegang gundhu, dan tangan kiri gue pegang tas, maka jadilah.... gue gak bisa nge-rem . . . -___-

   Ada lagi cerita absurd yang gue alamin, jadi waktu itu gue masih kelas 2 sd, dan maenan waktu kecil gue itu adalah "Binder" nggak tau motifnya apa, tapi dulu kita semua suka banget sama yang namanya tuker/koleksi kertas binder ini . . .

Cover Binder gue


Isi Binder gue . . . .

    Setiap sepulang sekolah pasti kita selalu janjian buat ketemuan di depan rumah Tyas, dan nggak lupa bawa binder. Jadi si Tyas itu kalo menurut bahasa gue "Bandar Kertas Binder" soalnya dari kita semua yang koleksinya paling lengkap itu dia, dan nggak tau kenapa dia juga ngejual kertas binder itu. Yang harganya kisaran antara 200perak sampe 500perak (yang langka) mungkin memang dia melihat sedikit peluang bisnis dari kawanan bocah yang sedang dipertanyakan jati dirinya . . . 


* * *


    Selese, main binder, kita biasanya rutin buat main "Petak Umpet" yah sama kaya permainan biasanya, ada yang jaga dan ada yang sembunyi. Tapi dipermainan ini tuh ada karakternya masing-masing . . .

   Aldy: seorang lelaki tempramental yang biasa dipanggil "PENJOL" ini kalo main petak umpet itu selalu (jahat) misalkan gue lagi jaga tuh, nah ntar dia sama temen-temen yang laen diajak sama dia buat sembunyi yang jauh banget, misalkan gue jaganya di Stadion GBK, ntar mereka sembunyinya di Monas.
 
   Nah kalo karakter yang satu ini tuh yang paling absurd, jadi dia "Saefull" kalo maen petak umpet tuh yang selalu bikin hiburan, sensasi dan ketegangan. Misalkan gue yang masang, mereka sembunyi, tapi si saepul ini adalah #GenerasiAntiMainstream yang laen pada sembunyi di balik semak, dibalik rumah dll. Tapi saepul beda menn . . . lo tebak deh dia ngumpetnya dimana.. DIA NGUMPETNYA DIATAS GENTENG RUMAH!! dan pernah parahnya lagi dia sembunyi diatas TIANG LISTRIK!! behhhh . . .  Absurd deh pokoknya . . Muahahahahaha

    Sorenya, seabis maen petak umpet, biasanya kita selalu bikin permainan dan suasana yang baru, entah waktu itu ide dari siapa, yang kaya gini "Yuk, daripada kita maenan petak umpet capek gini mending kita mancing dirumah gue aja yuk" kita pun langsung iyain aja, karena ntar takut dia nge-twit kalo kita PHP-in dia.

    Semua udah siap, Pancing ada, Cacing ada, Ember ada. Dan pas temen gue bilang "yuk kerumah gue" kita semua bingung??

Gue: "katanya mau mancing? kok malah kerumah lo si??"
Praba: "iya mancingnya dirumah gue, kan rumah gue ada kolam tuh nah disana ada ikan lelenya gede-gede... jadi kita mancing disitu aja"

   Akhirnya kita semua mancing deh kerumah dia. Ternyata bener, ikanya banyak dan gede-gede. Pas kita udah mulai mancing, temen gue si Penjol/Aldy Strike!!! dia dapet ikan gede banget, tapi belom sempet ada perlawanan dari aldy, tiba-tiba pas STRIKE!! . . . .  Byuuuuuuurrrrrrr!! aldy kecemplung, gara-gara nggak kuat. Karena gue kasian sama aldy, gue tolongin deh dia, eh bukanya terimakasih malah gue yang ditarik buat diceburin . . . . . Akhirnya kita semua nyemplung bareng di kolam ikan yang belom tau ada spesies apa aja didalem air ini. Dan Absurdnya lagi si Yuda bilang, "lah kita uda basah gini, sekalian aja mandi disini yuk" akhirnya kita semua nurut karena takut ntar dikira kita PHP-in dia.

   Inget nggak sama si Tyas?? Dia kan cewek sendiri, dan kita semua cowok, nah kita semua mandi tanpa baju dan celana alias telanjang. Nah yang lagi gue inget-inget sampe sekarang, punya dia gede apa nggak. hakhakahkhak


* * *


    Kebodohan gue nggak cuma dirumah doang, waktu itu gue kelas 3 sd di sekolah, sebut aja SD 1 HARAPAN JANDA. Waktu itu gue masih kelas 3 sd dan gue bego. Kenapa gue bego, karena di kelas 3 itu gue nggak pernah yang namanya berengkat sekolah. bukan cuma satu atau dua hari, tapi 7 Bulan!!! bayangin. . . . Dan karena orangtua dan guru gue udah mulai gedeg ngurusin gue, akhirnya mereka berdua setuju untuk mindahin gue dari SD 1 HARAPAN JANDA buat pindah ke sd laen.

Nyokap: "mam, kamu udah gede masa nggak sekolah? kan malu sama temen. . . Ntar kalo temen kamu udah sampe amerika, kamu baru sampe di terminal gimana? atau temen kamu udah sampe di Kanada, kamu tersesat di Samudra Hindia.?? gimana coba?"
Gue: "ya ntar aku naek elang aja biar bisa sampe duluan . ."
Nyokap: ". . . . . "

   Akhirnya gue dikasih berbagai pilihan sekolah yang kira-kira gue suka. Yang kentangnya, disetiap SD yang nyokap sama bokap tawarin itu ada barang istimewanya tertentu. Sebut saja kalo gue pindah ke SD 4 TUNAS KELAPA, yang ntar gue mau dibeliin Handphone. Terus kalo gue pindah ke SD 1 BABI NGEPET gue bakalan dibeliin Sepeda. Gue merasa semua ini seperti sebuah sogokan yang meng-intimindasi gue. . . dikit-dikit sogok, kalo kaya gini caranya, gimana jakarta mau maju!! (nah loh). Tapi dari dua Sd favorit itu, malah gue milih sd jelek yang ada di kompleks, sebut aja SD 2 KURANG ASEM.

   Kepindahan SD ternyata nggak ngaruh sedikit pun sama gue. Waktu itu dihari kedua gue sekolah, ada siswa kelas 2 sd yang nantang berantem gue. Karena menurut gue dia lebih kecil dari gue, gue beranikan dan bilang "Datanglah . . . " dan diapun datang. Gue inget banget FIRST FIGHT gue di SD (Nggak cuma Firts Kiss aja, First Fight juga ada). Yang waktu itu gue berantem di depan ruang kepsek selama setengah jam dan nggak ada yang misahin kita berdua, sampe bel masuk kelas.

   Gue kelas 3 di sekolah SD 2 Kurang Asem cuma 2 bulan doang, dan sisanya gak pernah berangkat lagi. . . dan keseluran, gue nggak pernah berangkat sekolah adalah 9 bulan, sisanya 3 bulan gue berangkat karena intimindasi orangtua. Dan gue pun harus terima kalo gue nggak naik kelas. Tapi akhirnya mukzizat menghampiri gue dikelas 3 tahun kedua, yang akhirnya gue semangat sekolah dan akhirnya gue naek kelas. Tapi kenaikan kelas gue menimbulkan penyakit baru yaitu, "Takut sama pelajaran Agama" kalo bahasa kedokteranya "SSA" (re: Scary Study Agama) jadi dijadwal kelas 4 gue dalam satu minggu itu ada dua kali pertemuan pelajaran agama, hari selasa sama hari jum'at. Dan di dua hari itu gue gak pernah berangkat sekalipun, kecuali UKK (re: Ulangan Kenaikan Kelas) itupun gara-garanya gue dipaksa buat berangkat sama nyokap, padahal gue udah nangis dan berteriak sekeras sebisa gue, tapi tetep gue kalah sama kata-kata dia . . .

Nyokap: "mam kalo kamu nggak sayang sama mama mending nggak usah sekolah sekalian. Tapi kalo kamu sayang sama mama, berangkat sekolah ya . . ."
Gue: ". . . . . . "

  Tiba-tiba keluar dua malaikat yang ada dikanan dan dikiri gue. . .

KIRI: "Yahhh, nggak usah sekolah mending nonton barbie aja di rumah, daripada sekolah, buat apa toh ntar cuma belajar kan bisa dirumah..."
KANAN: "jangan imam!! jangan!!! Lihatlah mata ibumu itu, kasihan dia yang selama ini telah berusaha buat nyekolahin kamu, dan kasih kamu makan sampe sebesar ini"

  Akhirnya gue nurut sama malaikat yang ada di sebelah kanan gue. Walau sebenernya gue juga mau ngelanjutin nonton barbie juga. . .

    Mungkin dimasa kecil kalian ada sebuah sebutan buat manggil nama kita yang dibuat menurut fisik dan kepribadian kita . . . iya gak? Dan sekarang gue kangen sama panggilan-panggilan masa kecil kita dulu. Dan ini adalah 7 Keajaiban Nama Absurd Masa Kecil Di Dunia  . . .

ALDY: biasa dipanggil PENJOL soalnya emang kepalanya rada besar dan gak beralur gitu. hahahkakahak
BAYU: biasa dipanggil YUYU KANGKANG NJEPRAK kalo dalam bahasa indonesia, Yuyu itu sejenis kepiting tapi hidupnya di sungai, Kangkang itu jalanya ngangkang dan Njeprak itu Pecah nggak tersisa.  . gue juga gak tau juga sih kenapa dia bisa dipanggil pake nama se-hina ini. . .
IYAN: biasa dipanggil PUSSS kalo yang biasa kalian tau itu puss buat panggil kucinga kan, tapi kenapa dia dipanggil puss?? gue juga nggak tau, padahal dia nggak ada unyu-unyunya sedikit pun!!
YUDA: biasa dipanggil GUDHEL kalo dalam bahasa jawa gudhel itu adalah anak dari kedua pasang kerbau. hakhakhak
PRABA: biasa dipanggil GRANDONG gue gak tau motifnya apa, tapi mungkin karena gigi dia waktu kecil warnanya belang-belang item-putih gitu, jadinya dia kita panggil grandong. . . . .muahhahahahaha
IMAM: <---- gue. biasa dipanggil MAMBHO gue juga nggak tau kenapa bisa gue dipanggil mambho?? mambho kalo di bahasa jawa itu Mambu atau kalo diartikan kedalam bahasa Indonesia itu Bau. . .

  Dan kalo kalian penasaran gimana wajah kecil gue, ini nih gue kasih satu foto kesayangan gue  . . . :')

gue masih kelas 1 sd

Dan sekarang (gue yang udah gede) selalu bermimpi, "Andai gue bisa kembali ke masa ketika gue masih anak-anak . . :(" GUEEEEE KANGEN KITA YANG DULU!!!!!

* * *

   Jangan pernah berharap agar menjadi dewasa, karena menjadi anak-anak itu  lebih menyenangkan daripada menjadi dewasa . . . Dan setiap kenangan pasti dimulai dari masa dimana kita masih kecil bukan kelak kita dewasa nanti.  #tjipokbasah :** 


 

22 comments:

  1. imuuutttttt!!!
    jadi inget masa SDku dulu. hehehe

    ReplyDelete
  2. Hahaha... :D
    Binder...
    Jadi inget masa kecil kelam (¬_¬")

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gue kira cuma gue doang yang maenanya binder..... ternyata masih ada lagi toh :D

      Delete
  3. binder ya... persis kayak aku dulu.. tapi isi binderku udah ilang semua cuma tinggal beberapa haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue masih tertata dengan rapi dong :p

      Delete
  4. waaaa,,, mainannya binder berbie,,,, snow white,, belle...
    apa-apa an tuh????

    salam kenal, aku jadi member ke 103 nih, kalo berkenan follow balik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada lagi .. . . . "Dora The Explorer" muahhahaha :D

      oke salam kenal juga :) makasih . . .

      Delete
  5. Wah, wah sama Sob waktu SD gue koleksi Binder dari kecil sampai besar entah berapa ratus ribu uang gue buang buat koleksi binder + kertasnya yang kawaii-kawaii itu hehe ... XD

    Kenang terindah saat waktu SD masih Imo3t Cut3 K4wa1i .... *AlayKumat* #Plak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita tos!!!!! #plak
      Muahahahaha :D

      Delete
  6. idih...imut juga foto loe sob...



    kyakkya ini kunjungan perdana gue deh..soalnya gue juga baru follow ini !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo imut jangan pake "idih" dong! MUAHAHAHHAA :D

      Delete
  7. ya ampun tiba2 jadi flashback aja nih , unyunya gue waktu kecil :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. widisssss . . . berarti cerita gue keren ya :p

      Delete
  8. Wah, binder seprti saya dulu wktu SD koleksi juga :)

    ReplyDelete
  9. Wih isi bindernya princess xD
    ngakak baca part mandi di kolam ikan :D

    ReplyDelete
  10. Wih isi bindernya princess xD
    ngakak baca part mandi di kolam ikan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya -___- gue juga gak tau apa yang sebenernya ada di pikirin gue waktu itu . . .
      hahahaha sama gue juga ngakak :D

      Delete
  11. yeph! bener! enakan jadi anak2 dong... oya, jaman kita kecil dulu juga gada yang namanya anak kecil nyanyiin lagu orang dewasa, beda banget kaya sekarang... oya, mampir ke blog ya, lagi ikut lomba nih: cemaan2 bantu like lomba creative comedy yang co-ass version: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=4256800630270&set=o.120452284638142&type=1&ref=nf nd himajinasi version: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=4252335238638&set=o.120452284638142&type=1&theater arigatouuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. WHAT THE FUCK JUT PEP!! apa ini??? no link macem-macem woy~

      Delete
  12. hahhah binder itu "drugs" gue pas jaman SD :D
    kira2 selama 6 taon di SD udah ngabisin duit hampir 200K buat beli binder wkwkw .__.

    ReplyDelete

Seperti Kata Pepatah "Tak Comment Maka Tak Sayang" Mangkanya Comment Jadi Gue Sayang :) #CeritaSiBocahAbsurd

GRAB IT! NOW!!


Postingan | Komentar