Friday, June 1, 2012

Introduction With My City

Imam Ar Razy | 8:00 AM | ||||
   Wihh, judulnya sok pake bahasa inggris, padahal gue gak tau artinya itu apa . .
Tapi ya mungkin intinya tentang kota gue yah, mungkin. Kalian pernah bertanya-tanya gak sih tentang keberadaan kota gue, dan kaya apa sih sebenernya isi dari kota gue ini, mungkin pernah kali ya. Dan bagi kalian-kalian dan kalian semua yang nggak tau kota gue itu gimana, yukk ikut gue buat ngobrak-ngabrik seluk-beluk kota gue ini.

Banjarnegara, itulah namanya.
Kalo Negara Banjar?
Negara banjar? opo iku. . .?? yang jelas bukan.
Banjarnegara itu adalah sebuah kota dan sekaligus kabupaten yang terletak di Jawa Tengah.
Jawa Tengahnya sebelah mana?
Di jln.Gatot banget No.10 ada perempatan pasar belok kiri -__-
 
   Jawa Tengah ya Jawa Tengah! gak ada sebelah mana-sebelah manaan! Jawa "TENGAH" ya berarti ditengah, bukan di belakang! emosi gue. Ya pokonya kota gue di jawa tengah lah.
Banjarnegara itu deket sama kota apa?
Banjarnegara itu kalo gak salah deket sama kota Jogja, Semarang, Wonosobo dan Purwokerto. Dan jalanan Banjarnegara itu klo lagi musim mudik jadi jalur lintas utama juga lho. Nggak percaya, kalo nggak percaya cari aja disini .
Emang apa sih yang jadi ciri khas di kota lo?
Ciri khas, sebenernya banyak banget sih, tapi gue contoin beberapa ya . .
Salak Pondoh
 
Salak, salak ini itu mungkin salah satu salak yang paling manis kali ya, nama lengkapnya kalo gak salah eamang Salak Pondoh.
Dataran Tinggi Dieng 
   Dataran tinggi Dieng merupakan dataran yang terbentuk oleh kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawah jelas terlihat dari dataran yang terletak di tengah dengan dikelilingi oleh bukit-bukit. Sebelum menjadi dataran, area ini merupakan danau besar yang sekarang tinggal bekas-bekasnya berupa telaga. Bekas-bekas kawah sampe saat ini, kadang-kadang masih menampakan aktivitas vulkanik, misalnya pada kawah Sikidang. Disamping itu juga aktivitas vulkanik, yang berupa gas / uap panas bumi dan dialirkan melalui pipa dengan diameter yang cukup besar, dan dipasang di permukaan tanah untuk menuju ke lokasi tertentu yang berada cukup jauh dari lokasi pemukiman penduduk dan dimanfaatkan untuk Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi. Dengan kondisi topografi, pemandangan alam yang indah dan situs-situs peninggalan purbakala yang berupa candi, sehingga dataran tinggi Dieng mempunyai potensi sebagai tempat rekreasi dan sekaligus obyek peninggalan sejarah yang menarik yang nggak kalah sama puncak bogor.
Bendungan Panglima Besar Soedirman atau nama bekenya Waduk Mrica
 

    Waduk Mrica terletak 10 km dari kota Banjarnegara kearah barat. Wisata air ini memanfaatkan Bendungan Panglima Besar Soedirman yang mempunyai fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik (PLTA). Bendungan ini mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha membuat bendungan atau waduk ini menjadi waduk terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara dan mempunyai kapasitas tenaga listrik sebesar 184,5 Mega Watt. Waduk ini membendung Sungai Serayu dan menjadi pembangkit listrik bagi Pulau Jawa.
Selain fungsinya sebagai pembangkit listrik tenaga air, Waduk Mrica juga dimanfaatkan sebagai wisata tirta serta budidaya ikan dengan sistim keramba yang banyak dilakukan oleh warga sekitar waduk.
Dawet Ayu
 
 Dan yang terakhir adalah Dawet Ayu, kalian semua pasti tau lah sama yang satu ini. ya, kalo biasanya yang kalian sebut itu Cendol, nah sebenernya nama asli cendol itu Dawet Ayu. Dawet ayu merupakan minuman asli khas Banjarnegara. Sampe saat ini dawet ayu Banjarnegara mudah ditemukan di berbagai kota. Perpaduan yang tepat antara cendol beraroma pandan, santan yang dipadu dengan gula aren dan durian merupakan cita rasa khas Dawet Ayu. Di samping itu ada kepercayaan jika kita meminum Dawet ayu bisa membuat kita merasa lebih ayu (cantik / merasa lebih muda) sesuai dengan namanya DAWET AYU.
 Orang-orangnya itu cantik-cantik sama GANTENG-GANTENG "yang ini boleh di tiadakan"
Disana ada artis gak?
Artis, jangankan artis, atlet yang udah mendunia pun ada! Misalnya, penyanyi yang udah melegenda di kanca permusikan indonesia, dia itu adalah
Ebit G Ade

Penyanyi yang identik dengan syair lagunya "Tanyakan Pada Rumput yang Bergoyang". Dan Atletnya itu adalah
Chris John

Pasti tau lah sama dia, dia kan petinju yang udah tidak diragukan lagi skillnya. Gimana keren-keren kan?


Gimana kota gue keren kan? emang KOTA GUE ITU KAYA AKAN ADAT DAN BUDAYA "PALING INDONESIA!" sekarang tunggu apa lagi, ayo pada mampir ke kota gue yukk . .



Muda.Beda.Paling Indonesia

16 comments:

  1. Gue suka banget tuh minum dawet ayu. enak, seger :D

    ReplyDelete
  2. Gue kesana, ya.. Ongkos bayarin tapi -__-

    ReplyDelete
  3. ternyata dawet ayu dari banjar ya...

    kalo dawet ayu udah banyak di medan nih, kayaknya harus buka warung dawet ayu secara modern, biar makin laris,,, hahahah

    ReplyDelete
  4. wahahaha,podo wong jowone mas, tapi aku ra iso nganggo boso jowo alus.
    aku purun wes diparingi dawet ayu tapi mboten usah duren nggih, kula mboten kersa mas..hahahaha

    salam kenal ya, kunjungan perdana nih :)

    ReplyDelete
  5. wah kotanya sangat nyaman :) apalagi es dawetnya :) yummy

    ReplyDelete
  6. aku baru tau kalo ada waduk mrica ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya gue juga barutau, nice info ;)

      Delete
  7. mantep Jo, wong banjar toh kowe... cedak wonosobo toh wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. saya tuh paling demen bgt minum dawet ayu rasanya.. uhh.. seger enak :D

    ReplyDelete
  9. oh wong banjar toh :)
    oh iya itu kan artis dari banjar :D kalo pahlawan sejarah dari banjar siapa aja ??? *hahha pertanyaan tijel -_- sudahlah abaikan

    ReplyDelete
  10. Semangat mengindonesiakan indonesia...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking sore & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    ReplyDelete
  11. Wahhh baru ketemu niee ma Blogger banjarnegara..
    Salam kenal sobb... ane juga dari banjar,,,
    gabung sini sobb,,
    di kmunitas blogger banjarnegara biar tambah rame....
    https://www.facebook.com/groups/395257297201244/

    salam blogger banjarnegar

    ReplyDelete
  12. Jatahe nyong endi?? Traktir Dawet Ayu ngene hehe

    ReplyDelete

Seperti Kata Pepatah "Tak Comment Maka Tak Sayang" Mangkanya Comment Jadi Gue Sayang :) #CeritaSiBocahAbsurd

GRAB IT! NOW!!


Postingan | Komentar