Tuesday, March 13, 2012

Belajarlah dari kekalahan

Imam Ar Razy | 1:44 AM | |||
"Maaf baru bisa nge-post sekarang, soalnya seminggu ini
gue lagi sibuk banget, ngurus blablabla"

OK, kali ini gue mau posting tentang pengalaman gue yang belum pernah gue alamin, dan pengalaman ini adalah pengalaman yang menurut gue nggak bisa gue lupakan yaitu, "POPDA BASKET" iya, popda basket. Popda itu adalah popda pertama gue di smp, gue bangga dan terharu saat gue bisa ngebela smp gue dalam ajang ini. Satu bulan sebelum popda, kami se-Tim selalu berlatih rutin, mulai dari jam 7 pagi sampai jam setengah 10 dan sorenya dari jam setengah 2 sampai jam 4 sore. Semua itu kami lakukan dengan rasa semangat dan senang(cuma berlaku beberapa hari) tapi, setelah latihan sudah mulai menginjak latihan ke-satu minggu, banyak anggota Tim yang mulai males untuk latihan, ada yang bilang lagi nggak enak badan, ada acara keluarga, sampai ada yang bikin alesan yang absurd banget "ketiduran? " "Sebenernya kalian mau tim kita  menang nggak sih?" kata gue ke mereka. "Mau lah!"  jawab mereka. Terus gue cuma berkata "Cekidottt! ayo kita latihan lagi!".
 
Akhirnya latihan kembali seperti normal, tapi ketika latihan sudah mulai menginjak latihan yang ke-Dua minggu, tiba-tiba para anggota tim sudah banyak yang berkurang, yang tadinya ada 16(cowok) dan 18(cewek) sekarang hanya menyisahkan 10(cowok) dan 12(cewek) "Ini sih, udah pas!  nggak boleh kurang lagi?" iya lah, kalo tim basket putranya nggak ada 10, ntar kita nggak boleh ikut popda.
      
Tapi ke-10 anggota cowok ini, alhamdulillahnya waras semua, nggak ada yang gebleg, setiap hari masih semangat latihan dan malah terus-terusan ngajakin latihan. Setelah Tiga minggu berlalu, pertandingan semakin dekat. Seminggu sebelum pertandingan, tim kami mengadakan "SPARING" (pert-andingan uji coba) dan sparing kita waktu itu adalah melawan tim SMK yang jelas lebih besar, lebih kuat dan lebih tua. Tapi kita nggak pesimis walaupun mereka tua, tapi kan tetep aja ada kelemahanya. Sparing pun dimulai, pertandinganya berada di lapangan basket smp gue. Peratndinganya pun dimulai, priitttt. bunyi pluit di bunyikan, Jump ball pun  dilakukan. Smp kami bermain ngotot di awal, dan akhirnya quarter pertama
tim kami mempimpin 3 bola (10-4). tapi, pas quarter dua dimulai, entah karena di quarter pertama kami terlalu bermain ngotot atau memang jalan takdir, tiba-tiba Tim dari SMK mulai menyusul sedikit demi sedikit, dan akhirnya-pun tim kami kalah dengan skor 18-11 unggul atas SMK.
     
Kami bukanya berkecil hati atau pesimis, tapi gara-gara sparing itu kami semakin giat berlatih dan berlatih. "BERLATIHLAH DARI KEKALAHAN" atau "BERLATIHLAH DARI KEGAGALAN?"  abaikan. Akibat dari latihan basket yang terlalu di-porsir, al hasil nilai Uts gue jeblok. gue kecewa, tapi Smp telah memberikan harapan lebih buat tim basket agar bisa menjuarai Popda tingkat kabupaten ini.
     
Akhiranya hari popda hanya menyisahkan satu hari lagi. Hari popda di tetapkan menjadi tanggal 6 maret, 2012 yang sebenarnya tanggal 8 maret, 2012. Untuk tim basket yang besok akan bertanding di bubarkan lebih awal, dari biasanya, yang tadinya pulang jam setengah 2 jadi jam setengah 9 pagi. karena pihak sekolah bertujuan agar kami tidak kecapek-an saat bertanding nanti. Kami se-Tim meminta do'a restu kepada seluruh guru, pelatih, dan siswa-siswa Smp yang tak bosan-bosanya memberi kami suport.
    
Hari pertandingan pun tiba. Tim kami yang di jadwalkan main pertama  bergegas berangkat pagi, karena kami akan main jam 8 melawan SMP 4 Banjarnegara. Tapi, na'as untuk tim kami, kami sampai disana tepat 
pada waktunya, al hasil kami tidak melakukan pemanasan. Kami langsung  bergegas menuju official pertandingan untuk menunjukan biodata dan persyaratan lainya. Selesai kami menunjukan biodata dan persyaratan lainya, kami langsung berkumpul dan berdo'a supaya tim kami bisa menang dan 
melanjutkan ke babak selanjutnya. SIMPATI! WE ARE THE BEST! yel-yel smp, kami teriakan dengan semangat. Pertandingan-pun dimulai, di quarter pertama kami sempat tertinggal 4-2 tapi sedikit demi sedikit kami mulai menyusul menjadi 4-4 di akhir quarter pertama. di quarter kedua kami mulai bangkit, dan mencetak point menjadi 6-4. mendekati menit terakhir quarter dua, salah satu dari tim kami membuat foul yang cukup  berat(Defensive Fouls) sehingga tim lawan mendapatkan free trow dua kali,
dan na'as free trow itu masuk semua, skor pun menjadi sama 6-6. di quarter tiga, tim kami tertinggal point menjadi 8-6 sampai di menit akhir quarter tiga, tapi beruntung untuk tim kami, karena shot dari salah seorang tim kami masuk dan menjadi menyamakan kedudukan, sebelum quarter ketiga berakhir, satu anggota
tim kami cidera, "Mungkin akibat tidak pemanasan tadi?" pikir gue.  Di quarter ke-empat Tim kami terdesak dan hampir kalah, tapi beruntung untuk tim kami, Tim kami bisa menang dengan sangat dramatis yaitu dengan skor 10-8, berkat point yang masuk di menit ke- 0. setelah pertandingan ini menang, nanti sore kami akan bermain lagi melawan SMP Taman Siswa, jam 4 sore.
     
Kami pun kembali menuju tempat per-istirahatah tim kami di dekat Arena basket(Depnaker) disana kami mengobrol, makan, pacaran, main ps, berantem. sampai akhirnya kami sangat BT, bosen, dan yang parahnya lagi KAMI GALAU! kami bingung cara apa yang bisa nggak bikin galau, dan gue pun dapet ide, "Daripada kita males-malesan disini, mending kita nonton basket putri aja yuk?" ajak gue. Sesampainya di depnaker bukanya ngilangin galau, tapi malah bikin tambah galau. Gara-gara tim basket putri Smp gue kalah denganskor yang sangat memalukan, yaitu dengan point 9-0. sama memalukanya dengan kekalahan(TIMNAS vs BAHRAIN 10-0). gue miris. Gue pun kembali ke tempat istirahat, gue merenung akhirnya gue ter-tidur.
Pertandingan kedua pun akan segera  dimulai. temen-temen udah pada siap, gue masih kucek-kucek mata. kali ini kami bisa pemanasan. Tapi tiba-tiba gue nerveus berat, "Gila! yang nonton banyak banget?? beda nggak kaya tadi pagi" tapi untung temen-temen Smp gue setia mendukung dimanapun kami bermain. nerveus gue sedikit berkurang. akhirnya pertandingan pun dimulai. Singkat cerita tim kami menang dengan skor 13-4. kami bersyukur dan berdo'a semoga semi final besok bisa menang dan melaju ke babak final. amin
     
 Besoknya pertandingan semi final pun akan segera dimulai. Kali ini penontonya
dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. "MENANG! MENANG! MENANG!" 
cuma kata itu yang terus gue ucapkan, dan berharap nerveusnya ilang.
"Klik gambar untuk memperbesar"


Pertandingan pun dimulai dengan "Jump ball"  bola jump ball dikuasai oleh 
tim kami. quarter pertama kami langsung tercecer point 4-0. Sampai quarter 
dua tim kami tercecer point tambah jauh 8-0.

Dan memasuki quarter tiga tim kami mulai bangkit dan memecahkan kebuntuan yang 
 menjadi 8-2. Bukanya tambah semangat tapi malah tim kami tambah down. dan akhirnya di
quarter empat kami tercecer point dengan sangat memalukan yaitu 13-2 Tim
kami pun kalah dengan rasa kekecewaan yang sangat.
 
SMP kami pun hanya bisa berdiri di peringkat 3 se-kabupaten. Tapi kami mengambil pelajaran dari
kekalahan itu, agar kami harus berlatih lebih baik dan giat, supaya kami bisa
menang dan bisa menjadi juara 1. 

INGAT KEKALAHAN HARI INI AKAN AKU BALAS SUATU SAAT NANTI!! CAMKAN!
  

4 comments:

  1. Wina Yulinar3/25/2012 7:18 PM

    APA LOE BILANG ???
    ANAK SMK TUA-TUA ?!!??
    Tersungging gue -___-

    ReplyDelete
  2. Bukan TUA tapi ber-UMUR :ngakak :sup2:

    ReplyDelete
  3. Wina Yulinar4/23/2012 8:56 PM

    sama aja lah -___-

    ReplyDelete

Seperti Kata Pepatah "Tak Comment Maka Tak Sayang" Mangkanya Comment Jadi Gue Sayang :) #CeritaSiBocahAbsurd

GRAB IT! NOW!!


Postingan | Komentar